Sabtu, 31 Oktober 2015

Konsep dasar Inheritance pada OOP di Java

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang salah satu konsep dasar pada OOP yaitu Inharetance. Apa sih Inheritance itu ? Inheritance merupakan salah satu dari 3 konsep  dasar yang ada pada Object Oriented Progam (OOP) yang menggunakan bahsa java dalam penggunaannya.

Oke langsung saja kita bahas.

1. Pengenalan
Inheritance merupakan salah satu dari 3 konsep dasar yang ada pada OOP di dalam Java. pengeertian Inheritance itu sendiri yaitu suatu konsep dimana kita dapat mewarisi sifat/objek yang ada didalam suatu induk class. untuk mudahnya konsep ini mengambil dari kehidupan nyata yaitu seorang anak dapat mewarisi sifat dari orang tuanya. nah orang tua yang dimaksud ini dalam Inheritance disebut ParentClass, dan anak yang mewarisinya disebut SubClass.

Dengan menggunakan konsep Inheritance dalam pemograman, kita hanya perlu memberikan karakteristik lebih pada subclass tanpa harus memberikan karakteristik lagi disetiap subclass karena bisa mewarisi dari parentsclass itu sendiri. dan pengkodingan dalam pemograman akan lebih singkat.

2. Pendeklarasian Inheritance
Dalam mendeklarasikan Inheritance kita hanya perlu menambakan kata Extends setelah deklarasi nama Class.
sebagai contoh : saya mempunyai Induk/Parents class bernama Mamalia dan ingin mewarisi sifat Mamalia dengan class baru bernama beruang.
"public class beruang extends Mamalia"
dari sintak diatas komputer akan membacanya bahwa class beruang akan diambil sifatnya dari class Mamalia.
kesimpulannya : dalam pendeklarasian kita hanya menambahkan extends sesudah pemberian nama class dan dilanjutkan dengan nama Parents class.

3.Kapan waktu yang tepat untuk penerapan Inheritance ?
Untuk penerapan Inheritance itu sendiri diterapkan pada saat dua sebuah class mempunyai data yang mirip dengan class yang lainnya. Misalnya

terdapat class Pegawai ==> public class Pegawai { public String nama; public double gaji; }Misal terdapat class Manager ==> public class Manajer { public String nama; public double gaji;public String departemen; }
dari contoh diatas class pegawai dengan class manager mempunyai data yang mirip hanya berbeda di class manager yang mempunyai data departemen. dalam kasus ini inheritance lah konsep yang tepat untuk diterapkan dan dari contoh diatas akan menjadi seperi berikut

public class Manajer extends Pegawai { public String departemen; }
 terlihat jelas pengkodingan menjadi lebih singkat dan tidak membuang space :D

4. kelebihan Inheritance

  1. Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada.
  2. Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour dan state secara umum.
5. Istilah yang ada pada inheritance
  1. Extends
    Sintak ini sangat penting, karena untuk medeklarasikan bahwa class B mengambil sifat dari Class A.
  2. Superclass
    digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti class dasar dari subclass/class anak.
  3. Subclass
    adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.
  4. Super
    Keyword ini digunakan untuk memanggil konstruktor dari superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass.
  5. Overriding
    Pendefinisian ulang method yang sama pada subclass. 
    Dalam inheritance, method overriding berbeda dengan method overloading. Kalau method overriding adalah mendefinisikan kembali method yang sama, baik nama method maupun signature atau parameter yang diperlukan dalam subclass, kalau method overloading adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama, tetapi dengan signature yang berbeda dalam definisi class yang sama.
Gimana guys ? sudah mengerti tentang konsep dari Inheritance ? semoga sudah mengerti ya.. semoga bermanfaat. 
Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. jika ada saran dan kritik bisa dikomen saja yaa :).
Refrensi Sumber : http://mungjava.blogspot.co.id/2009/05/memahami-konsep-inheritance-pewarisan.html

1 komentar :

  1. terimakasih atas info nya ;) visit my website Catatananakbangsa.com

    BalasHapus